Selasa, 29 Mei 2012

Video Making Bed

perhatikan proses making bed pada video ini !!!!!
Praktikan setelah anda memperhatikan video ini....

Senin, 28 Mei 2012

FUNNY VIDEO


MUSIC


LINEN


Pengertian Linen
Linen hotel merupakan investasi yang besar, sehingga membutuhkan profesionalisme dalam penanganannya. Dalam penanganannya Linen hotel dibagi menjadi 2 ( dua ) :
a. Housekeeping Linen
b. Food & Beverage Linen
a. Jenis-jenis linen Housekeeping Department
1)      Sheet ( Sprei )
2)      Pillow Case ( sarung bantal )
3)      Bath Towel ( handuk mandi ).
4)      Hand towel ( handuk tangan ).
5)      Face towel ( handuk muka )
6)      Bath mat ( keset ).
7)      Bed spread
8)      Bed skirting
b. Jenis-jenis linen Food & Beverage Department
1)      Table cloth ( taplak meja ).
2)      Large table cloth ( taplak meja lebar ).
3)      Napkin ( serbet )
4)      Molton
5)         Greenfelt

Minggu, 27 Mei 2012

MY SON










Si kecil namanya Clearesta Dicky Pramudya , Yang besar namanya Anggi Pramudya Pratama
                                                  

KUBAH MAS

Indahnya bersama temen-temen diklat Akomodasi Perhotelan Tingkat Menengah.....disela-sela kesibukan tugas yang harus dikumpulkan...kita menyempatkan diri untuk wisata rohani.............

Video House Keeping


Perhatikan video berikut, kemudian sesuaikan dengan proses membersihkan kamar yang sesuai SOP.......

video laundry

Perhatikan video berikut,.......!!!!!.....Prosedur atau proses apa sajakah yang ada dari video ini??...

MODUL MENGEMAS DAN MENYIMPAN CUCIAN TAMU


MODUL
MENGEMAS DAN MENYIMPAN
CUCIAN TAMU








PROGRAM STUDI KEAHLIAN PARIWISATA
KOMPETENSI KEAHLIAN AKOMODASI PERHOTELAN
Disusun Oleh :
WIDYA WENI SUSANTI,S.ST.Par
Editor :
MERU HERLAUT, S.Pd

PEMERINTAH KABUPATEN KULON PROGO
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 1 PENGASIH
Jl. Kawijo 11 Pengasih, Kulon Progo 55652, Telp. (0274) 773081, Fax. (0274) 774636
2012

LEMBAR VALIDASI

Kecakupan materi modul ini sesuai dengan Standart Kompetensi Melayani Penanganan Linen dab Pakaian Tamu  dan Kompetensi Dasar Mengemas dan Menyimpan Cucian Tamu







                                                                             Kulon Progo,   Juni 2012
Mengetahui :                                                              Kaprog Akomodasi Perhotelan
WKS 1                                                                     



                Drs.SUMARLAN                                                       WIDYA WENI SUSANTI, S.ST.Par
                Pembina, IV/a                                                            Pengatur Tk I, II / d
                NIP 19560426 198403 1 004                                       NIP 19781011 200801 2 007









PETA KEDUDUKAN MODUL
Diagram ini menunjukkan tahapan atau tata urutan kompetensi yang diajarkan kepada siswa didik dalam kurun waktu yang dibutuhkan serta kemungkinan multy exit – multy entry yang dapat diterapkan.

 


















                                                                                                                





 
KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan rahmat dan karuniaNya, modul ini dapat diselesaikan dengan baik. Modul ini disajikan sebagai media pembelajaran tentang kompetensi perhotelan, yang mana struktur modul ini disusun sesederhana mungkin untuk memudahkan siswa membaca dan mempelajarinya.
Untuk meningkatkan mutu pendidikan pada umumnya dan meningkatkan proses belajar mengajar pada khususnya maka perlu didukung oleh beberapa hal diantaranya dengan tersedianya bahan ajar atau modul yang relevan serta memadai.
Bahan ajar atau modul ini disusun sebagai bahan acuan dalam menyajikan materi pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan sekaligus dimaksudkan untuk membekali peserta didik dalam mengimplementasikan kurikulum yang berbasis luas dan mendalam.
Semoga bahan ajar ini dapat dijadikan pedoman bagi setiap pengajar untuk menjalankan tugas mengajar di sekolah.


                                                                                                                Kulon Progo, 26 Mei 2012

                                                                               
                                                                   Widya Weni Susanti,A.Md

















BAB I. PENDAHULUAN


A.     Deskripsi
Modul ini adalah salah satu materi acuan yang ditujukan untuk membantu bagi siswa sekalian dalam mempelajari dan menerapkan metode kerja praktek dengan tepat di Jurusan Akomodasi Perhotelan, khususnya dalam Kompetensi Menangani Linen dan Pakaian Tamu, Unit PAR.HT02.029.01

Pada modul ini akan dibahas beberapa aspek penting menyangkut pengetahuan khusus  yang harus di miliki seorang petugas laundry dalam menangani cucian tamu sebagai salah satu sumber pendapatan hotel.

B.     Prasyarat
Modul ini dipelajari setelah siswa terlebih dahulu mempelajari kompetensi, Melayani Jasa Valet, penanganan jasa linen hotel dan unifom.
Dalam pengujian teori dapat dilakukan dalam bentuk tes,dan ujian praktik.

C.     Petunjuk Penggunaan Modul
1.       Petunjuk Peserta Didik
a.       Bacalah modul ini dengan cermat. Bagian ini menjadi bagian terpenting dalam hal penanganan berbagai jenis cucian yang anda temui di laundry
b.       Tanyakan dan mintalah persetujuan pembimbing / guru bagaimana anda dapat mempelajari materi dalam unit ini
c.       Jika anda tidak praktek kerja lapangan, anda boleh menggunakan modul ini sebagai petunjuk untuk belajardan isis dari materi ini dapat dipraktekkan dalam simulasi di tempat anda belajar
d.       Pembimbing anda akan menerangkan tentang hal yang penting yang anda perlukan pada saat anda melakukan pakerjaan
e.       Anda akan diberikan kesempatan  bertanya secara singkat pada saat istirahat, kemudian praktekkanlah keahlian yang baru anda dapat, dengan demikian anda dapat meningkatkan kesempatan berfikir dan juga untuk percaya diri
f.        Lakukan lebih banyak lagi pekerjaan / latihan dan bertanya kepada pembimbing / guru
g.       Koreksilah dirimu sendiri sampai akhir masing – masing bagian kerja
h.       Apa bila anda sudah selesai tunjukkanlah kepada pembimbing / guru anda.

2.       Petunjuk Guru
a.       Bacalah modul ini dengan cermat. Bagian ini merupakan bagian terpenting dalam hal penanganan berbagai layanan housekeeping bagi tamu
b.       Bimbinglah siswa anda agar siswa tidak mendapatkan kesulitan dalam mempelajari unit ini
c.       Jika siswa tidak praktek kerja lapangan, siswa anda perlu bbimbingan yang lebih intensive untuk dapat menguasai unit kompetensi ini, sehingga siswa dapat mempelajari / mempraktekan disekolah masing – masing
d.       Bimbinglah siswa anda untuk melengkapi keperluan dalam menyiapkan pekerjaan ini
e.       Berilah kesempatan bertanya pada siswa anda
f.        Berikan lebih banyak lagi latihan / pekerjaan pada siswa anda
g.       Berikan penilaian kemajuan belajar, sehingga tujuan akhir dapat di capai dengan baik.

D.     Tujuan Akhir
Setelah selesai mempelajari modul ini, siswa diharapkan :
1.       Menjelaskan jenis-jenis peralatan yang digunakan dalam pengemasan
2.       Menguraikan cara mengemas cucian tamu
3.       Menguraikan cara pengiriman cucian tamu
4.       Menjelaskan jenis-jenis formulir yang harus dilengkapi
5.       Membuat catatan dengan mengisi laundry list, formulir delivery guest laundry dan laporan ke front office


E.      Check Kemampuan
Isilah kotak disebelah pertanyaan berikut dengan memberi tanda “ v “
No.
Pertanyaan
Ya
Tidak
1


2


3


Dapatkah anda menyebutkan jenis pakaian yang anda terima dari tamu?

Mampukah anda melakukan metode pengemasan dan penyimpanan pakaian tamu dengan tepat?

Sudah mampukah anda menangani tehnik pelaporan keluar masuknya cucian tamu dan sistem billing ke tamu?



            Keterangan :
            Jika daftar check kemampuan anda jawabanya ya semua maka anda
melanjutkannya pada modul berikutnya.
Jika daftar check kemampuann anda ada salah satu jawabanya tidak, maka
konsultasikan dengan guru anda, untuk mendapatkan materi tambahan.









BAB II. PEMBELAJARAN


A.     Rencana Belajar Siswa
Kompetensi : Melayani Penanganan Linen dan Pakaian Tamu

Sub. Kompetensi : Mengemas dan menyimpan cucian tamu

Jenis kegiatan
Tgl/Bulan
Waktu
Tempat Belajar
Alasan Perubahan
T.Tangan Instruktur


































B. Kegiatan Belajar
1.          Tujuan Kegiatan Pembelajaran
Setelah selesai mempelajari materi pembelajaran ini diharapkan siswa mampu :
a.       Menjelaskan jenis-jenis peralatan yang digunakan dalam pengemasan
b.       Menguraikan cara mengemas cucian tamu
c.       Menguraikan cara pengiriman cucian tamu
d.       Menjelaskan jenis-jenis formulir yang harus dilengkapi
e.       Membuat catatan dengan mengisi laundry list, formulir delivery guest laundry dan laporan ke front office
2.          Uraian Materi

Menangani Pakaian Tamu

Pelayanan laundry untuk tamu hotel merupakan suatu kegiatan yang penuh dengan resiko. Di samping itu produk laundry dapat meningkatkan atau menurunkan kesan tamu terhadap citra hotel. Sehingga membutuhkan profesionalisme dalam penanganannya.
Untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan, maka orang yang bekerja di laundry department harus mengenal jenis – jenis serat kain.

a.          Jenis Serat Pakaian
1)          Cotton
2)          Polyester
3)          Policotton
4)          Nylon
5)          Yute
6)          Sutera
7)          Wool
b.          Jenis – Jenis Pelayanan Pakaian
1)          Pelayanan mendesak, dikenai biaya tambahan 100% dari daftar harga. Dikembalikan dua jam setelah diambil. Pengambilan terakhir pukul 14.00.
2)          Layanan kilat, dikenai biaya tambhan 50% dari daftar harga. Dikembalikan paling lama pukul 14.00. Pengambilan terakhir pukul 10.00
3)          Pelayanan biasa, dikembalikan pada hari yang sama pada pukul 18.00. Pengambilan terakhir pukul 10.00
4)          Pelayanan pencucian
5)          Pelayanan dry cleaning
6)          Pencucian dengan tangan
7)          Hanya setrika
8)          Perbaikan
Jenis Pakaian dan Perlengkapannya
LADIES
GENT
1.       Dress
2.       Night Grown
3.       Bluse
4.       Slack
5.       Vase
6.       Shirt
7.       Suite
8.       Panties
9.       Brassieres
10.   Pant
11.   Skirt
1.       Shirt
2.       Trouser
3.       Jacket
4.       Suite
5.       T Shirt
6.       Pant
7.       Under Ware
8.       Under Short
9.       Tie

Guest Laundry Flow Cart

 





                       
KETERANGAN :
1.       Pengumpulan
a.       Untuk memastikan kondisi pakaian tamu, periksalah terlebih dahhulu secara telii pada pakaian yang akan dicuci
b.       Hitung jumlah pakaian
c.       Tulis nomor kamar
d.       Tulis nama tamu
e.       Masuk kedalam llundry bag
f.        Konfirmasi dengan tamu, dan tamu diminta untuk menanda tangani laundry list
2.       Transportasi
a.       Membawa pakaian dengan tangan
·         Membawa dengan pakaian terlalu berlebihan
·         Hindari tercecer
·         Masukan pakaian kedalam laundry bag
b.       Membawa dengan trolly
·         Jangan melebihi muatan
·         Jangan menggunakan kantong laundry yang rusak
3.       Penyeleksian & Memberi tanda (Sortir)
a.       Jenis kotoran / tingkat kotoran
                    Jenis / tingakat pengotoran dapat dibagi  menjadi 3, yaitu
·         Ringan
·         Sedang
·         Berat
b.       Jenis bahan / kain
·         Bahan dasar
·         Warna
·         Proses Akhir
c.       Memberi tanda seragam / uniform karyawan
1)       Sebuah kode biasanya menunjukkan department dan posisi / jabatan, contohnya : GM, EAM dan kemudian departmennya :
·         FO 1 untuk manager Front office
·         FO 2 untuk asisten manager Front Office
·         Untuk tingkat staf, kode didasarkan pada nama pegawai yang diperoleh dari daftar nama – nama pegawai
2)       Beri tanda pada bagian yang tidak terlihat, seperti di bagian dalam kerah, atau bagian bawah dalam baju dan lain – lain
3)       Jika tidak dapat menandai pada bagian dalam kerah, gunakan penjepit untuk menahan tanda pada lubang kancing atau  tempat ikat pinggang
d.       Memberi tanda pakaian tamu
1)       Nomor – nomor dan kode – kode yang digunakan :
a)       Minggu  : MG
b)       Senin      : SN
c)       Selasa     : SL
d)       Rabu       : RB
e)       Kami       : KM
f)        Jum’t      : JT
g)       Sabtu      : ST
2)       Kode penomoran dimulai dari nomor 101 sampai 140 kemudian
                          dilanjutkan ke nomor 210 hingga 240, dan seterusnya.
a)       Nomor pertama pada kode adalah kelompok jenis pencucian, nomor kedua adalah nomor pencucian
b)       Tanda pada pakaian tamu harus sesuai dengan daftar permintaan pencucian
c)       Lepaskan semua tanda lama yang ada pada pakaian tamu
d)       Jika tanda tidak dapat dipasang pada bahan pakaian, gunakan penjepit /peniti atau stepler  untuk member tanda baru
e)       Penandaan dengan penjepit atau stepler harus berhati – hati supaya tidak merusak  pakaian, seperti lubang kancing, dll
f)        Pada saat menggunakan mesin  untuk menandai, pastikan pakaian tidak akan rusak. Jika perlu lakukan pada bagian pakaian yang terlihat.
g)       Jika anda ragu pakaian /bahan akan rusak, gunakan penjepit / peniti atau stapler
3)       Menggunakan mesin untuk menandai
a)       Siapkan mesin untuk menandai
b)       Periksa setiap komponen
·         Nomor kode
·         Pita
·         Bahan pembersih
·         Cara menggunakan
c)       Hubungkan ke sumber listrik, sesuai dengan tegangannya
d)       Hidupkan dan panaskan mesin
e)       Letakkan bagian pakaian yang akan diberi tanda dan tekan pegangannya ke bawah untuk membuat nomor kode
f)        Proses pencucian
·         Laundry
·         Dry cleaning
g)       Konfirmasi

4)       Pencucian:
1)       Kapasitas yang dianjurkan :
(a)     Kotoran ringan
(b)     Kotoran sedang
(c)     Kotoran berat
(d)     Kotoran ekstra berat
2)       Langkah – langkah proses pencucian di laundry











                                        Shake out
                                             
5)       Pemerasan :
1)       Optimum dari pengeringan :
a.       Jenis kain / material
b.       Efesiensi pengeringan
c.       Proses akhir
2)       Kecepatan pemerasan :
a.       Low speed  : <300 RPM
b.       Medium speed: 300 – 400 RPM
c.       High speed : 700 – 900 RPM
3)       Hindari pemerasan yang berlebihan, karena akan mengakibatkan kerusakan serat kain, dan hati – hati dengan jenis kain yang sensitive

6)       Proses Akhir
1)       Pengeringan
a.       Jangan terlalu kering
b.       Pisahkan secepatnya pakaian yang mudah kusut
c.       Bersihkan saringan debu pada mesin pengering setiap saat
d.       Dianjurkan untuk selalu memakai proses cooling down

2)       Pengepresan
a.       Garmen press
b.       Woll Press
c.       Hand ironer

7)       Finishing & Pengepakan
1)       Evaluasi hasil cucian
2)       Penyempurnaan pressing
3)       Pelipatan menggunakan mesin pelipat otomatis
4)       Pelipatan secara manual
5)       Konfirmasi

8)       Pembukuan
a.       Pakaian dicatat data guest laundry book
b.       Catat jenis pakaian, proses pencucian, harga, nama, nomor kamar

9)       Pengiriman
1)       Gunakan kantong  / trolley valet
a.       Jaga kebersihan
b.       Bersih dan sehat
c.       Jangan membawa pakaian berlebihan
d.       Pakaian yang pake hanger, digantung
2)       Jangan meninggalkan pakaian tamu tanpa diawasi
3)       Minta bantuan petugas Housekeeping untuk kamar yang tamunya keluar
4)       Tanda tamu atau petugas housekeeping
5)       Catat kamar yang tidak bias dimasuki  (DD /DL)

10)   Billing
1)       Buat kuitansi untuk cucian yang sudah diselesaikan
2)       Kuitansi dikirim ke FO cashier untuk tamu yang menginap
3)       Kuitansi dikirim langsung ke konsumen untuk dimintakan pembayaran
            
                    
Jenis – Jenis Noda
a.             Noda – noda yang timbul
Noda yang terdapat di permukaan pakaian, contohnya  cat, lipstick, dll
b.             Noda yang terserap
Noda yang terserap adalah noda yang diserap kedalam serat pakaian, contohnya minuman, tinta dll
c.             Noda Campuran
Noda campuran adalah campuran dari dua jenis noda yang disebutkan di atas, contohnya darah, dll

Adapun bahan – bahan yang dapat menghilangkan noda – noda    tersebut adalah :
a.             Ink – Go untuk menghilangkan noda tinta pada cucian
b.             Quick – Go untuk menghilangkan noda darah,susu, dan makanan yang menempel pada cucian
c.             Bon – Go untuk menghilangkan noda karena kopi, the, bir, atau obat pada cucian
d.             Tar – Go untuk membersihkan noda – noda yang mengandung minyak, seperti lipstick, semir sepatu dan lainnya
e.             Yellow – Go untuk menghilangkan noda yang terkena lunturan
f.              Rust –Go untuk membersihkan noda karat pada cucian


Klasifikasi Kotoran Pada Kain
a.             Kotoran yang dapat dicuci
Kotoran yang dapat dicuci yaitu kotoran yang dapat dihilangkan dengan menggunakan air dan deterjen.

              Contohnya :
              Protein    :  Telur, saos, kotoran, dll
              Pigman    :  Debu
              Karbonhidrat : Kanji
              Lemak dan Minyak : Minyak mineral, minyak sayur, dll

b.             Kotoran yang menyerap
Kotoran yang sulit dihilangkan bahkan terkadang tidak dapat dihilangkan sama sekali
              Contohnya : Cat, Plipur, Bercak dll

c.             Kotoran yang dapat dihilangkan dengan menggunakan bahan pemutih
Kotoran yang tidak dapat dihilangkan dengan cara  cuci biasa atau dry cleaning dan memerlukan bahan pemutih yang ditambahkan pada proses pencucian.

         Contohnya :
                 Noda alami ; buah – buahan, saos, obat- obatan, darah, dll
         Noda buatan : bahan – bahan industry, dll

Proses Pembersihan Noda
a.             Proses Pencucian Noda
Proses pencucian untuk barang – barang yang tingkat noda berat, menengah dan ringan dengan menggunakan air dan deterjen.

         Langkah Dalam Proses Pencucian
1)       Pencucian
a)          Basahi pakaian
b)          Rendam
c)          Beri sabun/cuci
d)          Pembilasan 1 : proses normal
e)          Pembilasan 2 : jika pakaian  berwarna putih dan banyak noda, tambahkan bahan pemutih
f)           Pembilasan 3 : proses normal
g)          Pembilasan 4 : tambahkan bahan kimia untuk menetralisir alkali
h)          Pembilasan 5 : tambahkan pelembut pakaian

2)      Pemerasan   :
               Semua mesin cuci mempunyai alat pemeras

3)      Pengeringan :
               Keringkan pakaian dengan menggunakan mesin pengering

b.             Proses dry cleaning
         Cuci, bilas, peras dan dry cleaning. Proses tersebut dilakukan pada satu mesin dengan menggunakan pelarut (menggunakan Solvent)

c.             Proses pencucian dengan tangan
         Proses ini dilakukan pada barang yang lembut dan warna yang mudah luntur
1)      Proses Penghilangan Noda
a)          Proses mekanik
        Menggunakan peralatan untuk menghilangkan noda, contohnya papan pembersih dan mesin cuci
b)          Proses dengan selaput
        Menggunakan pelarut atau bahan dasar kimia lainya untuk menghancurkan noda
c)          Proses kimia
        Menggunakan bahan kimia khusus untuk menghilangkan noda – noda tertentu
d)          Pelembutan
        Menggunakan bahan pelembut untuk melembutkan bahan – bahan keras sebelum menggunakan peralatan dan bahan – bahan penghilang noda

2)      Bahan pembersih dan kimia untuk pencucian dan dry cleaning
a)       Air : kualitas air disesuaikan dengan tingkat kekakuan, zat besi, bahan organic, jumlah bahan larutan.
b)       Detergen : harus memiliki
·         Tingkat kekasaran
·         Batas alkali
·         Bahan pemisah
·         Zat tambahan – mencerahkan warna, tidak membuat warna pudar, tahan terhadap karat
c)       Asam :  menetralisir asam alkali pada pakaian
d)       Pelembut  :  melembutkan pakaian

Proses Dry Cleaning
Pelarut : bahan – bahan hidrokarbon teklorinasi untuk dry cleaning derchloro ethylene, tetrachloro ethylene, flouro carbon, dlL.
Penggunaan bahan – bahan pembersih dan kimia yang aman
1.          Jangan pernah mencampur bahan – bahan kimia yang tidak sama.  Karena  hal dapat membentuk campuran yang sangat berbahaya
2.          Selalu pastikan bahwa semua wadah sesuai dengan iisinya. Jika wadah tidak ditandai, bawa ke penyelia untu diberi tanda
3.          Selalu gunakan peralatan keamanan yang memadai yang diberikan oleh penyelia  anda – sarung tangan dan masker
4.          Baca semua informasi keamanan yang ada pada wadah bahan kimmia
5.          Jika anda mengalami alergi akibat terkena  bahan kimia, segera siram bagian yang terkena dengan air yang banyak dan segera laporkan kepada penyelia.
6.          Format – Format  Laundry











Name :
Date :
Room No :
                                             To be Return
                                                     To day                         Tommorow                    3 hour service                       Folded                      Starch

                                             Mohon daftar dibawah ini diisi dengan nama lengkap, nomor kamar, jumlah                   masing – masing barang dan service
                                 yang dikehendaki. Kalau jumlah cucian tidak diisi dengan tepat, maka jumlah yang kami hitung dianggap betul. Kami                tidak dapat bertanggung jawab jika susut (ciut) atau luntur dan segala  barang                berharga yang tertinggal didalam   
                                 cucian. Setiap pengaduan mengenai cucian                  sudah selesai harus di laporkan bersama – sama dengan daftar ini dalam
                                             waktu 24 jam. Tanggung jawab kami atas kehilanagan atau kerusakan tidak


 
                                             melebihi dari 5 kali ongkos cucian yang hilang atau rusak.
                                                                                                                                                                                          Signature / Tanda Tangan

LAUNDRY LIST
GENTLEMENT (PRIA)
PRICE
COUNT
AMOUNT
GUEST
HOTEL
Dress Shirt (Kemeja)
28.000



Handkerchief (Sapu tangan)
9.000



Jacket (Jas)
30.000



Pajama Set (Piyama)
32.000



Pants/Jeans (Celana panjang)
25.000



Safari Shirt (Kemeja safari)
27.000



Sarong (Sarung)
26.000



Shorts (Celana pendek)
17.000



Socks (Kaos kaki)
19.000



T- Shirt (Kaos Tipis)
11.000



Under Pants (Celana dalam)
20.000



Under shirt (Kaos dalam)
12.000



LEDIES (WANITA)

Blouse (Blus)
27.000



Brassieere (BH)
12.000



Dress (Baju)
35.000



Handkerchief (Sapu tangan)
9.000



Jacket /Cotton (Jas)
26.000



Night Grown (Baju Tidur)
23.000



Panties (Celana dalam)
12.000



Short (Celana pendek)
20.000



Skirt (Rok)
25.000



Slancks (Celana Panjang)
27.000



Stockings (Kaos kaki)
11.000



T-Shirt (Kaos)
20.000



Scarf (Sall) or Tie (Dasi)
5.000



TOTAL PRICE
SURCHARGE
SUB TOTAL
SERVICE
CHARGE & TAX
TOTAL AMOUNT

                                       MOHON PERHATIAN
                                                      ·            Pelayanan laundry silakan puter 6
                                                      ·            Pengiriman sebelum pukul 10 pagi, harga seperti biasa
                                                      ·            Pengiriman setelah pukul 10 pagi, 50% biaya tambahan untuk  pelayanan hari yang sama
                                                      ·            Pakaian anak –anak 10 tahun ke bawah, 50% potongan dari harga yang tertera
                                                      ·            Hari minggu / hari raya buka
                                                      ·            Pelayanan cepat dalam 3 jam ditambah 100%




                                                    PICKED UP BY:                                                              PACKED BY:                                                             VOUCHER NO:


                                             Kepada : Bagian ruang Linen/Kain
                               Tanggal :
Nama                     :
No. Kamar             :
Tanggal diterima :                                                   Jam :
Tanggal kembali  :                                                   Jam :
Barang
Jumlah Barang
Perbaikan yang diminta
Biaya









                  Staff Linen                                                        Penyelia Ruang Linen

                 

                  VOUCHER PENCUCIAN
                                                                                      No. Rekening :
                                                                                      Tanggal            :
Nama:                           No.Kamar                 No. Penandaan:
                                       Barang                                         Biaya



  Total Barang                                                       Rp.
                     Tanda Tangan Tamu :


Catatan Valet
                Tanggal : ……
No.
No.
Kamar
No. Penandaan
L/DC/PO
Total Barang
Pengambilan
Diterima
Ket.
M
EV












                    Penyelia Pencuci
                     (Tanda tangan)

a.         Rangkuman Pembelajaran
Penanganan pencucian pakaian tamu maupun uniform karyawan dilaksanakan berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan  pihak hotel. Termasuk proses dan permintaan dari tamu khususnya, serta perawatannya.












BAB III. ASSESMENT

a.       Test Formatif Pembelajaran 2

1.       Jika suatu saat tamu complain / tidak puas atas pelayanan laundry yang anda berikan, yaitu tamu merasa pakaian yang dicuci tidak bersih, apa yang anda lakukan?
2.       Jika jenis pakaian tamu tidak sesuai pada saat pengambilan dan pengiriman, dimana letak kesalahannya?
3.       Jika jumlah pakaian tamu tidak sesuai pada saat pengambilan dan pengiriman,dimana letak kesalahannya?
4.       Apa yang anda lakukan jika tamu complain karena salah satu kancing baju tamu ada yang hilang?
5.       Isikan pada form yang diperlukan jika tamu mencucikan 1 celana panjang, 1 kemeja lengan panjang dan 1 dasi? Hitunglah berapa yang harus dibayar oleh tamu?

b.         Lembar Kerja Pembelajaran 2
Laksanakan proses packing pada  kemeja , celana panjang pria, dasi dan sapu tangan sesuai permintaan tamu. Lakukan secara perorangan, dengan bimbingan guru mata diklat anda!














DAFTAR  PUSTAKA


Rumekso, SE. (2001). Housekeeping Hotel, Yogyakarta: Penerbit Andi
Agustinus Darsono, (1995). Tata Graha Hotel, Jakarta : Penerbit Grasindo